Rabu, 23 Maret 2011

Lele kita

Lele  adalah ikan air tawar yang ajaib.rasa enak sayang punya patil. dahulu lele adalah ikan yang jorok. tetapi setelah mengenal kesehatan dan kebirsihan, sekarang sudah menjadi ikan gedongan, nan elok dan merangsang. Merangsang untuk di makan, di mainditkan di budidayakan, serta di komersiilkan.

Lele adalah ikan yang lezat, mudah di dapat, murah, bergizi tinggi, kolesterol rendah, bisa dan baik dikonsumsi segala usia dan segala keadaan, baik yang sehat maupun yang sakit, kecuali sakit hati/stress.

Ikan adalah salah satu indikator masyarakat. Di manapun di dunia masyarakat yang gemar makan ikan menjadi masyarakat yang maju. Tetapi sayang di Situbondo masyarakatnya gemar ikan tetapi ikan asin.

Sampai sekarang ikan hanya bisa hidup dan di budidayakan pada lingkungan yang sehat. bahkan di banyak tempat ikan merupakan bioasay, petunjuk bahwa linhkungan baik. Lingkungan baik-ikan mau hidup lingkungan jelek ikanpun malas-lebih suka mati.

Komentar singkat ini, hanyalah bertujuan untuk membuka forum ini. Admin berkeinginan segera ada yang mau mengisi dan menanggapi khasanah ini, demi kepentingan bersama.Blog ini kami rancang dan kami terbitkan dengan sangat serius dan bertanggung jawab. Tetapi berusaha kami tampilkan yang santai dan menghibur. Kritik, saran, hujatan dan lain macamnya sangat kami tunggu.

Semoga Alloh memberkahi, dan blog ini berdaya guna bagi kita semua.


Admin
Situbondo, 24 maret 201`1

6 komentar:

  1. uasaha lele di situbondo semakin meningkat, dan harga daripetani paling tingggi diantara daerah yang lai. sebagai gambaran...rata-rata harag dari petani di situbondo saat ini 10.000 dari petani, hal ini karena produksi lele masih kecil di daerah situbondo ( konsumsi lokal). sebagai perbandingan: 1) daerah lumajang harga lele sangat rendah, 9.000/kg dari petani,penyebab adalah adanya proyek pemerintah dalam meningkatkan produksi perikanan lebih 300% dalam 5 tahun yang diterapkan di lumajang sangat berhasil sehingga [roduksi melimpah dan pasar menjadi meelemah. 2) Banyuwangi : kondisi saat ini tidak jauh beda dengan lumajang. tetepai hal yang lain yang meningkatkan produki adalah pola budidaya super itensif yng dilakukan. 3) Jember : Produksi melimpah karena adanya banayak penebaran 4) BALI : pasar agak seret karena dari daerah bali sudah bisa mengeluarkan hasil budidaya sendiri dengan benih psokan dari jember . Harga Jual petani balisendiri saat ini adalah 10.000/kg dari petani.
    Inilah yang menyebabkan saat ini harga bergejolak. Untuk petani kita harap hati-hati dalam memproduksi ikan dan menjual ikan ke luar daerah...

    BalasHapus
  2. PT SURI TANI PEMUKA (JAPFA COMFEED INDONESIA) merupakan pabrik pakan yang memproduksi pakan udang maupun pakan ikan, salah satu produk pakan ikan yang di pasaran adalah pakan lele. Produk pakan lele yang ada di pasaran saat ini adalah :
    >>PA SUPER 1 ( pakan untuk benih lele, ukuran pakan 1 mm, kandungan protein min 40%)
    >>SPLA12-2 (pakan untuk pembesaran lele, ukuran 2 mm, kandungan protein min 32-33%)
    >>SPLA12 (pakan untuk pembesaran lele, ukuran 3 mm, kandungan protein min 32-33%)
    Keterangan :
    untuk lama budidaya pada tebaran ukuran 6-8 akan mulai panen umur 60 hari dan maksimal 120 hari. Langkah-langkah umum pemakaian pakan :
    1.Padat tebar 200-300/m, umur 0 hari ( pakan PA Super 1)
    2.Umur Tebaran 15 hari, greading awal ( memisahkan ukuran terbesar dan terkecil/ pakan PA Super 1 dicampur SPLA12-2)
    3.Umur Tebaran 30 hari, greading kedua (memisahkan ukuran terbesar dan terkecil/ pakan SPLA12-2)
    4.Umur tebaran 60 hari, greading panen ( pakan SPLA12-2 atau SPLA12)
    5.Umur tebaran 90 hari, greading panen ( pakan SPLA12-2 atau SPLA12)
    6.Umur tebaran 120 hari, panen total ( pakan SPLA12-2 atau SPLA12)

    Analisa usaha per 1.000 ekor
    No Uraian jumlah satuan
    Teknis
    1 SR 75% 750 ekor
    2 size panen 10 ekor/kg
    3 berat panen 75 kg
    4 FCR 1:0.8 60 kg pakan

    Keuangan
    1 bibit 90,000 rupiah
    2 pakan 453,000 rupiah
    3 biaya lain 40,000 rupiah
    4 panen 750,000 rupiah
    5 sisa 167,000 rupiah
    6 % keuntungan 29%
    Contact person situbondo:
    Siwi cahya w ( 08113509379)

    BalasHapus
  3. situbondo ada proyek ikan gak ya....biar 1 milyar tidak apa bos......tetap kerjasama dengan JAPFA COMFEED INDONESIA ( mitra bersama)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. saya pribadi sangat terinspirasi oleh program ini terima kasih

    BalasHapus
  6. pakan lele per april naik lagi....kita harus semakin meningkatkan teknologi budidaya untuk menekan FCR pakan.......

    BalasHapus